PAMSIMAS III DESA KLAPAGADING

Iklan


 

PAMSIMAS III DESA KLAPAGADING

Tim Admin
Rabu, 24 Oktober 2018
Last Updated 2018-10-26T07:53:13Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Klapagading- Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota. Seperti halnya dengan di wilayah Desa Klapagading Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas yang mendapatkan program bantuan Pamsimas pada tahun 2018 ini.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Sosialisasi Pamsimas

Program Pamsimas terlebih dahulu di mulai dari tahapan Sosialisasi Desa yakni melakukan pertemuan, penjelasan, pemanfaatan program tersebut bersama warga masyarakat dengan di dampingi Oleh Fasilitator Pamsimas. Dan juga melauli tahapan pengecekan kadar air yang akan digunakan sebagai sumber utama dari Pamsimas.

Program Pamsimas ini adalah didanai oleh Dana APBN Pusat, dana ABPDes, dan Swadaya masyarakat. Program Pamsimas Desa Klapagading ini melalui KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) Bahagia yang diketuai oleh SUMIRIN dan juga melalui Satlak (Satuan Pelaksana) yang dikepalai oleh KUSWORO yang mendapat dukungan penuh dari pemerinta Desa Klapagading.

Reservoir/Bak Pengumpul

Pamsimas Desa Klapagading berlokasi di RW 07 yang mana sudah memasuki tahapan penggalian Pipa memalui Swadaya Masyarakat, yang antusias bergotong royong dalam pengerjaannya. Setelah sebelumnya pengerjaan reservoir atau bak pengumpul dan juga Water Tower yang telah selesai terlebih dahulu. Dan juga tempat Cuci tangan yang berlokasi di SDN 2 Klapagading.

Water Tower

Program Pamsimas III Desa Klapagading ini nantinya akan dikelola oleh KP-SPAM  (Kelompok Pengelola Penyedia Air Minum dan Sanitasi) yang nantinya akan mengadakan sosialisasi kembali dengan Masyarakat, Pemerintah Desa dan juga didampingi oleh Fasilitator Pamsimas untuk memberikan gambaran dan juga kesepakatan penentuan tarif pemasangan SR atau Sambungan Rumah, iuran bulanan bagi pengguna SR.
Penggalian Pipa

Sebelumnya H. Rudianto selaku Kepala Desa Klapagading saat peninjauan penggalian Pipa menyampaikan, perlunya peran penuh Masyarakat untuk mendukung Program Pamsimas agar berkelanjutan.“Program Pamsimas harus kita dukung bersama, kita sosialisasikan kepada masyarakat agar nantinya kebutuhan penggunaan Air Bersih mencukupi melalui pemasangan SR tentunya dengan harga yang terjangkau. Sarana yang dibangun melalui program Pamsimas juga hendaknya senantiasa dijaga dan terus dikembangkan, sehingga dapat terus dimanfaatkan dan tidak terbengkalai sia-sia” pinta H. Rudianto.

Tujuan program Pamsimas tidak hanya penyediaan air minum saja, tetapi juga diharapkan mengubah perilaku masyarakat untuk berperilaku sehat dan peduli terhadap lingkungannya. Misalnya tidak buang air besar sembarangan, tidak mandi maupun nyuci dikali dan lain sebagainya. (WHY)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Peta Lokasi Desa Klapagading

close
close